• Senin, 17 Januari 2022

Apa Itu Maulid Nabi Muhamad SAW?

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:09 WIB
Pixabay
Pixabay

RIMBANEWS.COM - Bagi umat muslim, kata Maulid-Nabi">Maulid Nabi bukanlah hal yang asing ditelinga, pasalnya, umat muslim setiap tahunnya,  yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah selalu melaksanakan peringatan tersebut.

Lantas apa itu Maulid-Nabi">Maulid Nabi? jika dilihat dari kata maulid, maulid merupakan saduran kata dari bahasa Arab yang memiliki arti hari kelahiran, jadi maulid nabi Muhamad adalah hari kelahiran nabi Muhamad, nabi terakhir yang diyakini oleh umat Muslim

Baca Juga: Dilantik Jadi Duta Komcad, Netizen : Pantas Dampingi Prabowo 2024

Apa hukumnya umat muslim memperingati Maulid-Nabi">Maulid Nabi?

Secara hukum agama, memperingati Maulid-Nabi">Maulid Nabi Muhammad SAW adalah boleh dan tidak termasuk bid’ah dhalalah (mengada-ada yang buruk) tetapi bid’ah hasanah (sesuatu yang baik).

Karena tidak ada dalil-dalil yang mengharamkan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, bahkan jika diteliti malah terdapat dalil-dalil yang membolehkannya, dikutip https://www.rimbanews.com/ dari https://mui.or.id/

Baca Juga: Bertemu Ariel di Sebuah Acara, Ini Ungkapan Luna Maya Untuk Ariel

Bolehkah seorang muslim memperingati hari kelahiran Nabi Muhamad?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa tidak didapatkan dalil - dalil yang mengharamkan umat manusia atau khususnya umat Muslim untuk merayakan Maulid.

Halaman:

Editor: Erian Sandri

Tags

Terkini

Apa Itu Maulid Nabi Muhamad SAW?

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:09 WIB
X