• Sabtu, 25 Juni 2022

Pemprov Jabar Kirim Tenda RS Darurat Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

- Senin, 6 Desember 2021 | 19:46 WIB
Pelepasan tim JQR Pemprov Jabar untuk mengirimkan bantuan bagi masyarakat terdampak erupsi semeru.Humas Jabar / Rimbanews
Pelepasan tim JQR Pemprov Jabar untuk mengirimkan bantuan bagi masyarakat terdampak erupsi semeru.Humas Jabar / Rimbanews

RIMBANEWS.COM - Pemprov Jabar mengirim bantuan bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru berupa tenda besar yang diperuntukan untuk Rumah Sakit darurat.

Selain berfungsi untuk RS darurat, tenda yang dikirimkan Pemprov Jabar dapat difungsikan untuk tenda pengungsian sementara, ataupun dapur umum.

Ketua Harian JQR Reggi Kayong Munggaran melaporkan, JQR langsung membentuk Team Respons Kemanusiaan Jabar untuk Semeru. Tim tersebut beranggotakan pegiat mitigasi yang dibekali peralatan evakuasi dan berkompetensi dalam SAR mission.

Baca Juga: Dewan Pakar Nasdem Dorong Ridwan Kamil Segera Jadi Kader

"JQR berangkat pada Minggu (5/12/2021) malam dari Bandung. Sebelumnya, dilakukan pemetaan dan rencana operasi dari mulai peralatan yang dibawa, budgeting dan job desc masing-masing personel dan lainnya," kata Reggi, Senin (6/12/2021).

Bantuan JQR yang telah disalurkan antara lain berupa 10 tenda berukuran besar yang berfungsi untuk rumah sakit darurat, untuk tenda pengungsian ataupun bisa digunakan untuk mendirikan dapur umum.

Bukan tanpa alasan, pengiriman tenda besar darurat ini dikarenakan adanya lebih dari 5.000 jiwa yang terdampak erupsi semeru, dan 1.200 orang lebih saat ini berada dipengungsian yang tersebar ditiga kecamatan, sedangkan fasilitas kesehatan yang ada saat ini penuh terisi oleh korban luka.

Baca Juga: Banyaknya Bisikan Ditelinga, Ridwan Kamil Siap Maju di Pilpres 2024

"Dari informasi yang didapatkan pada Minggu, sebanyak 5.025 jiwa terdampak erupsi. Ada sekitar 1.200an jiwa mengungsi di tiga kecamatan. Dan fasilitas kesehatan yang penuh oleh korban luka, sehingga kita siapkan tenda untuk rumah sakit darurat," ucap Reggi.

Halaman:

Editor: Erian Sandri

Sumber: Humas Pemprov Jabar

Tags

Terkini

X