• Jumat, 19 Agustus 2022

Layanan Google termasuk Whatsapp hingga Netflix Terancam Diblokir Kominfo,Kenapa?

- Jumat, 24 Juni 2022 | 15:23 WIB

RIMBANEWS.COM - Layanan Google dan beberapa aplikasi mainstream seperti  Whatsapp,Facebook,Netflix dan layanan aplikasi lainnya terancam akan dilakukan pemblokiran oleh kominfo pada 20 juli 2022.

Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat baik asing maupun domestik yang belum terdaftar pada OSS-RBA hingga 20 Juli 2022 akan dilakukan pemblokiran oleh Kominfo.

Kebijakan pemblokiran tersebut akan dilakukan oleh Kementerian Kominfo melalui Permen Kominfo No. 5 Tahun 2020 dan perubahannya melalui Permen Kominfo No. 10 Tahun 2021.

Kebijakan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) ini sebenarnya merujuk ke permenkominfo nomor 5 tahun 2020.

Dimana seluruh penyelenggara sistem elektronik (PSE) lokal maupun asing yang beroperasi  ataupun Menawarkan layanan nya di Indonesia diwajibkan untuk mendaftar melalui sistem OSS-RBA dan bagi PSE yang tidak mendaftarkan layanannya pada sistem akan segera dilakukan pemblokiran.

Praktisi Keamanan Digital, Ruby Alamsyah menilai aturan pendaftaran PSE ini dimaksudkan untuk memenuhi data perusahaan sebagai bentuk pengawasan pemerintah dan penegakan hukum sekaligus memastikan konten yang beredar di Indonesia aman bagi konsumen.

Sehingga bagi PSE yang melanggar aturan tersebut akan ditindak tegas dengan dilakukannya pemblokiran.

Hingga saat ini 24 juni 2022 baru ada 74 PSE yang mendaftar di sistem yang telah disediakan oleh kominfo. Menurut praktisi Keamanan Digital, Ruby Alamsyah mengatakan ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal itu terjadi.

Pertama adalah tanggat waktu yang masih cukup panjang yakni masih ada waktu satu bulan lagi,kedua karena mereka sedang mempersiapkan data-data ataupun dokumen yang diperlukan sesuai arahan permenkominfo

Terdapat juga beberapa hal yang secara teknis memang harus mereka siapkan dengan  komprehensif dan membutuhkan waktu sedikit lama.

Halaman:

Editor: Mohammad Jamaludin

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

X